PENGARUH MODERASI CITRA MEREK TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PROMOSI DAN LOYALITAS PADA PELANGGAN SHOPEEFOOD DI BATUAJI BATAM

Authors

  • Kepi Kusumayanti Fakultas Ekonomi Syari'ah, Institut Agama Islam (IAI) Abdullah Said Batam
  • Shandrya Victor Kamanda shandy
  • Tedi Hermansyah Fakultas Ekonomi Syari'ah, Institut Agama Islam (IAI) Abdullah Said Batam

Keywords:

Citra Merek, Loyalitas Pelanggan, Promosi, ShopeeFood

Abstract

Sebagian besar pebisnis mengharapkan loyalitas dari pelanggan mereka, begitu pula ShopeeFood. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana promosi mempengaruhi loyalitas dengan brand image sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer diperoleh dari tanggapan responden melalui kuesioner dan data sekunder sebagai bahan referensi yang bersumber dari jurnal, artikel, dan buku. Jumlah sampel adalah 98 responden yang merupakan pelanggan ShopeeFood di Batuaji Batam. Sampel diambil berdasarkan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan alat SPSS. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis uji interaksi variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, dan brand image berperan dalam memperkuat drive for loyalty. Hasil ini memberikan implikasi manajerial bagi ShopeeFood untuk meningkatkan strategi baru dalam mempromosikan produknya dan memperkuat citra mereknya sehingga mendorong loyalitas pelanggan. Dengan demikian, ShopeeFood diharapkan mampu merencanakan strategi yang tepat, menarik dan memberikan pelayanan yang baik guna menciptakan brand image yang positif di benak konsumen sehingga konsumen berpotensi menjadi pelanggan setia..

 

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Kusumayanti, K., Kamanda, S. V., & Hermansyah, T. (2022). PENGARUH MODERASI CITRA MEREK TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PROMOSI DAN LOYALITAS PADA PELANGGAN SHOPEEFOOD DI BATUAJI BATAM. JURNAL AL-AMAL, 1(1), 39–46. Retrieved from https://institutabdullahsaid.ac.id/e-journal/index.php/jurnal-al-amal/article/view/125

Issue

Section

VOL 1. NO.1. DESEMBER 2022

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>